ReviewEssays.com - Term Papers, Book Reports, Research Papers and College Essays
Search

Marketing Plan Gula Semut

Essay by   •  October 22, 2016  •  Coursework  •  421 Words (2 Pages)  •  1,035 Views

Essay Preview: Marketing Plan Gula Semut

Report this essay
Page 1 of 2

Marketing Plan Gula Semut

Short Term Marketing Plan

  1. Melakukan penjualan secara online, penjualan untuk short term ini terlebih dahulu akan dilakkan secara online di situs e-commerce indonesa maupun international seperti : OLX, Tokopedia, alibaba.com, e-bay, Amazone.com dsb
  2. Memasang iklan melalui google ads.
  3. Didalam penjualannya tidak lupa diberikan promosi berupa potongan harga ataupun harga special kepada konsumen dengan pembelian pada jumlah yang sudah ditentukan.
  4. Mengikuti event SME lokal maupun international.
  5. Menganalisis, megevaluasi, perekonomian, budaya, dibeberapa negara Eropa yang akan dijadikan negara tujuan untuk melakukan export guna menentukan strategi pendekatan terbaik untuk memasuki pasar tersebut.
  6. Mencari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan prodak gula semut, baik nantinya untuk perusahaan tersebut jual kembali maupun untuk digunakan sebagai bahan baku.
  7. Sistem produksi yang digunakan yaitu just in time dengan daerah operasi tenaga penjualan diutamakan untuk wilayah domestik terlebih dahulu.

Medium Term Marketing Plan

  1. Masih memberikan potongan harga maupun special price kepada konsumen yang membeli prodak dalam amount tertentu.
  2. Mempersiapakan inventory yang memadai guna memenuhi permintaan konsumen.
  3. Memperluas kerjasama dengan berbagai koperasi yang menampung gula semut berkualitas yang berada di beberapa daerah di Indonesia.
  4. Mencari pinjaman modal untuk mengembangkan perusahaan
  5. Memonitor kemajuan usaha pemasaran untuk nantinya dapat menentukan strategi lanjutan yang dapat digunakan ataupun melakukan ekspansi ke pasar yang lain.
  6. Meningkatakan traffic penjualan berbasis e-commerce dengan meningkatkan pelayanan yang memadai kepada konsumen.
  7. Bekerjasama dengan perusahaan lain untuk dapat menjual gula semut.
  8. Mengevaluasi potensi pasar yang sudah dipilih dan mengikuti event/bazzar di tempat tersebut untuk menjangkau pembeli lebih baik lagi.
  9. Membuat sistem reward, untuk pelanggan yang setia membeli prodak gula semut, terutama pelanggan yang membeli dalam kuantiti yang besar.
  10. Sistem produksi nantinya mengarah kepada inventor (masa transisi) dengan daerah operasi tenaga penjualan mulai meluas ke daerah ASIA terutama negara yang berdekatan dengan Indonesia.

Long Term Marketing Plan

  1. Memberikan pinjaman pembelan kepada petani untuk menunjang produksi gula semut nya
  2. Mengembangkan suatu konten yang segar dan bermanfaat mengenai penggunaan gula semut dengan membuat sebuah newsletters, tips or blog posts dan melakukan update secara berkala untuk menarik konsumen.
  3. Menggunakan jasa Public relation untuk meningkatkan brand awareness prodak secara offline maupun online, untuk membagikan informasi mengenai prodak melewati media media yang ada.
  4. Mendirikan offshore sendiri dilokasi yang stratefis dengan gudang sendiri agar stok produksi selalu tersedia dan sistem produksi sepenuhnya berubah dari just in time menjadi inventory.
  5. Setelah proses produksi sudah berjalan dengan stabil dan mampu bersaing dengan produsen lain, tahap selanjutnya yaitu, mencari investor untuk mengembankan usaha yang lebih besar lagi.
  6. Memberikan reward kepada konsumen setia gula semut.
  7. Sistem produksi yang sudah mengarah kepada inventor dengan daerah operasi penjualan mulai meluas ke daerah ASIA – EROPA.

...

...

Download as:   txt (3.3 Kb)   pdf (31.5 Kb)   docx (9.4 Kb)  
Continue for 1 more page »
Only available on ReviewEssays.com
Citation Generator

(2016, 10). Marketing Plan Gula Semut. ReviewEssays.com. Retrieved 10, 2016, from https://www.reviewessays.com/essay/Marketing-Plan-Gula-Semut/76223.html

"Marketing Plan Gula Semut" ReviewEssays.com. 10 2016. 2016. 10 2016 <https://www.reviewessays.com/essay/Marketing-Plan-Gula-Semut/76223.html>.

"Marketing Plan Gula Semut." ReviewEssays.com. ReviewEssays.com, 10 2016. Web. 10 2016. <https://www.reviewessays.com/essay/Marketing-Plan-Gula-Semut/76223.html>.

"Marketing Plan Gula Semut." ReviewEssays.com. 10, 2016. Accessed 10, 2016. https://www.reviewessays.com/essay/Marketing-Plan-Gula-Semut/76223.html.